dapatkah aku mengatasi rasa kesepian

dapatkah aku mengatasi rasa kesepian
aku bisa

Rabu, 28 September 2011


ADAKAH SESEORANG YANG BENAR-BENAR MEMPEDULIKAN AKU??

Pada musim semi tahun 1960 suatu tim yang di pimpin Yigael Yadin ,ahli ilmu purbakala Israel yang terkenal,membuat suatu penemuan yang paling menarik dalam sejarah Israel. Semua penggalian di Tanah Suci  memang menarik,tapi yang satu ini--yaitu penemuan tim Yadin di lereng-lereng lembah Nahal Hever--mengandung suatu keistimewaan yang khusus. Dengan bantuan teknologi modern,mereka menemukan dalam dua masa penggalian yang singkat,bukti tentang seorang pahlawan Israel yang legendaris pada masa yang silam.
Mereka menemukan puluhan gulungan papyrus yang terbungkus rapi dan diikat dalam kain karung dan kulit kambing. Mereka juga menemukan mata uang perak dan tembaga,keranjang,sandal,cermin,kendi dan alat-alat memasak--semuanya dibawa ke gua yang terpencil ini dekat Laut Mati pada tahun 135 T.M. oleh orang-orang Yahudi yang mengungsi untuk menyelamatkan diri ketika pemberontakan melawan Roma gagal. Para ahli purbakala purbakala itu membuka gulungan tersebut dan meneliti arti huruf-huruf,dokumen-dokumen resmi dan surat-surat--yang merupakan suatu rahasia yang tersembunyi selama 1.800 tahun!! Ketika Yadin melaporkan penemuan ini kepada para pemimpin Israel,ia menayangkan ke atas sebuah layar film slide yang menunjukan sebagian dari sebuah dokumen yang terdapat di Gua Surat-surat. Ia membaca dengan nyaring baris pertama: “Shimeon Bar Kosiba,Presiden Israel.”
Kemudian, sambil berpaling kepada Presiden Ben Zvi,Yadin berkata:”Yang Mulia,saya mendapat kehormatan dengan kesanggupan menyampaikan kepada anda bahwa kami telah menemukan lima belas surat-surat yang ditulis atau didiktekan oleh presiden terakhir Israel Purba 1800 tahun yang lalu”(Bar-Kokkba,halaman 15). Sorak kegirangan secara serempak memenuhi ruangan itu dan hal itu tersebar keseluruh Israel melalui surat kabar dan radio.
Mengapa Israel sampai tersentak dengan suatu nama yang tertera di atas papyrus?? Jawabannya terletak pada nama itu--nama seorang terpendam dalam cerita rakyat Yahudi yang lebih merupakan suatu mitos  dari pada manusia yang terdiri dari darah dan daging. Seperti diceritakan ,dialah yang memimpin usaha terakhir orang-orang Yahudi untuk mengalahkan Roma dan ia memenangkan kemerdekaan bagi bangsanya,paling tidak selama suatu jangka waktu tertentu.
Setelah keruntuhan Yerusalem tahun 70 T.M. Hadrian,Kaisar Romawi membangun kota lain di bekas kota Yerusalem,dengan menamakan kota itu dengan namanya sendiri. Kemudian ,ia mendirikan sebuah kuil bagi dewa Roma Yupiter persis di bekas kaabah orang Yahudi. Setelah itu seolah-olah menambah penghinaan terhadap luka yang ada,Hadrian mengeluarkan suatu maklumat yang melarang orang-orang Yahudi menjalankan upacara penyunatan mereka yang kuno!! Paksaan yang menghina ini dapat ditanggung oleh orang Yahudi oleh sebeb mereka percaya bahwa Mesias yang dijanjikan itu akan segera datang dan melepaskan mereka dari penindasan bangsa Roma.
Pada saat hinaan nasional yang genting ini,Bar-Kokkba,seorang pemuda Yahudi yang mempunyai kharisma,memimpin beribu-ribu pemuda yang berjiwa nasionalis dengan tujuan membebaskan bangsa itu. Eusebius,ahli sejarah mengatakan:”Pada waktu itu orang-orang Yahudi dipimpin oleh seorang yang bernama Bar-Chochebas yang artinya ‘bintang,’ seorangg pembunuh dan seorang penyamun,tetapi sangat didambakan,mereka seolah-olah sedang diperbudak,dan dia menyatakan dirinya sebagai seorang pemimpin besar yang telah turun dari sorga kepada mereka”(Bar-Kokkba,halaman 258).
Bar-Kokkba dinyatakan sebagai Mesias,”sang pembebas.” Para ahli ilmu purbakala telah menemukan dari dalam tanah beribu-ribu Shimemata uang logam  yang dimeterai dengan nama yang diberikan kepada Bar-Kokkba, yaitu Shimeon. Ada yang mempunyai pangkat tambahan,”Presiden” atau “Pangeran Israel.” Surat-surat dan dokumen-dokumen yang ditulis oleh Bar-Kokkba yang ditemukan di Gua Surat menjelaskan pangkat dan jabatannya. Surat-surat dan dokumen-dokumen itu juga menggungkapkan bahwa ia kasar dan brutal. Yadin menulis : “Ada suatu cerita tentang kebiasaannya menguji keberanian para tentaranya dengan memotong jari mereka. Para penasehat yang bijaksana berkata padanya: ‘Berapa lama lagi engkau terus menjadikan kaum pria Israel bercacat??”’(Bar-Kookba,halaman 23).
Bar-Kokkba menuntut kesetiaan setiap orang,menyiksa dan membunuh orang-orang Kristen yang tidak mau menyangkal YESUS sebagai MESIAS dan menerima dia(Bar-Kokkba) sebagai pembebas mereka. Selama suatu jangka waktu,para pemimpin Roma tidak mempedulikan Bar-Kokkba tetapi ketika pemberontakan pecah menjadi revolusi,sang Kaisar mengirimkan suatu pasukan untuk memadamkan pemberontakan itu. Tetapi yang paling mengejutkan tentang dia,Bar-Kokkba megalami sedikit kemenangan dengan mendirikan suatu Negara Yahudi,dan mengumumkan dirinya sendiri sebagai Presiden Israel.
Marah sebab kekalahan itu,Hadrian mengirim lebih banyak pasukan  dan mengepung Yerusalem selama tiga setengah tahun sampai pemberontakan itu akhirnya dipadamkan. Revolusi itu membinasakan orang-orang Yahudi. Seorang ahli sejarah menulis,”Pembalasan itu tidak mengenal belas kasihan,dan penduduk Yudea hampir punah….Lima puluh benteng dan 985 perkampungan dibinasakan,dan 580.000 orang dibunuh dengan pedang,belum terhitung mereka yang mati karena kelaparan dan penyakit”(Albert A. Trever,History of Ancient Civilization,halaman 524).
Kebebasan dan kemerdekaan orang-orang Yahudi hanya sebentar saja. Bar-Kokkba dipancung kepalanya oleh orang Roma. Dalam beberapa tulisan ia disebut sebagai Bar Koziba,yang artinya “penipu.” Ia menyatakan dirinya sebagai mesias,sang Pembebas,tetapi ia adalah orang penipu.
Ini adalah suatu muslihat umum pada zaman itu. Seabad sebelumnya,seorang Yahudi lain mengaku sebagai Mesias. Malah IA,mengaku sebagai ANAK ALLAH. Nama-NYA adalah YESUS--seorang pemuda tukang kayu dari kampung Nazaret sebelah utara.
Siapakah YESUS orang Nazaret ini?? Adakah IA seorang guru?? Seorang ahli filsafat?? Seorang dokter?? Seorang humanis?? Seorang pendeta?? Ya,memang demikian!! IA adalah semua yang disebut di atas tadi--bahkan lebih lagi. Apabila IA berjalan melintasi jalan-jalan berdebu di Palestina,mereka melihat DIA merasa kagum oleh kehadiran-NYA. Mereka yang mendengar-NYA berseru,”Belum pernah seorang manusia berkata seperti orang ini”(yohanes 7:46).
IA tidak pernah menulis buku,namun jikalau anda hendak membaca sebuah buku selama seminggu tentang kehidupan KRISTUS, anda akan memerlukan waktu satu abad untuk membaca apa yang disimpan dalam Library of Conggress--Perpustakaan Besar di Amerika Serikat!! IA bukan seorang artis,namun IA mengilhami para pelukis terbesar di dunia. IA bukan seorang ahli musik,namun kehidupan-NYA mendorong beberapa hasil karya terbesar yang pernah di gubah. IA bukan seorang arsitek atau ahli pahat namun beberapa dari bangunan dann patung yang paling indah di dunia telah dipersembahkan atau ditahbiskan bagi-NYA. IA tidak mempunyai gelar,namun beberapa universitas yang paling bergengsi di dunia telah didirikan demi menghormati-NYA. IA hidup tidak sampai tiga puluh lima tahun,tetapi semua penaggalan sejarah dibuat berdasarkan kelahiran-NYA.
Seorang penulis dengan jelas meringkaskan kehidupan KRISTUS dengan kata-kata ini:”Sembilan belas abad telah berlangsung dan berlalu,dan sekarang IA masih tetap merupakan panutan umat manusia…..semua pasukan angkatan darat yang pernah berbaris,dan semua angkatan laut yang pernah berlayar,dan semua parlemen yang pernah duduk bersidang,dan semua raja yang pernah memerintah belum pernah mempengaruhi kehidupan seorang manusia di atas bumi ini,melebihi pengaruh teladan kehidupan-NYA”(dikutip dari karangan yang berjudul”One Solitary Life”).
Beberapa orang tidak setuju dengan fakta-fakta bersejarah ini. Tetapi kecuali YESUS lebih dari pada segala perkara ini,maka IA bukanlah YESUS yang sejati,dan MESIAS yang benar.
Sama seperti Bar-Kokkba,YESUS mengaku datang dari surga:”AKU telah turun dari surga”(yohanes 6:38). Juga sebagaimana Baar-Kokkba,YESUS mengatakan bahwa ia datang untuk membebaskan orang-orang yang tertawan: “Jadi apabila ANAK itu memerdekakan kamu,kamupun benar-benar merdeka”(Yohanes 8:36). Namun, YESUS tidak berbicara tentang membebaskan orang Yahudi dari penjajahan Roma. IA berbicara tentang pembebasan mereka dari perhambaan dosa!!
Orang-orang Yahudi tidak mengerti akan peryataan YESUS itu. Mereka berkata,”Kami adalah keturunan Abraham dan tidak menjadi hamba siapapun. Bagaimana ENGKAU dapat berkata,’Kamu akan merdeka?’” (Yohanes 8:33). Jawab YESUS,”AKU berkata kepadamu,sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa”(Yohanes 8:34).
Orang-orang Yahudi mengharapkan MESIAS mereka memimpin suatu gerakan untuk menghancurkan kuk Roma dan memulihkan kedaulatan bangsa yahudi. Bar-Kokkba berusaha melepaskan rakyatnya dengan kekuatan dan kekerasan dan mencari bagi dirinya sendiri suatu kedudukan yang tinggi. Tetapi YESUS berkata,”Kerajaan-KU bukan dari dunia ini;jika kerajaan-KU dari dunia ini,pasti hamba-hamba-KU telah melawan”(Yohanes 18:36). YESUS datang untuk memerdekakan manusia dari kesalahan dan dosa melalui kasih,bukan kekuatan,dan IA tidak mencari kedudukan politis.
Tetapi hal tersebut masih belum menjawab pertanyaan besar itu!! Apakah YESUS Sang MESIAS itu?? Banyak orang muncul selama abad pertama yang mengaku sebagai Mesias. Kenyataan apakah yang akan membuktikan bahwa YESUS benar-benar yang seperti IA akui?? YESUS sendiri memberikan jawaban-NYA ketika IA berkata,”Kitab-kitab suci itu memberi kesaksian tentang AKU”(Yohanes 5:39).
Tentunya, pada zaman YESUS Perjanjian Baru belum ditulis,jadi yang IA maksudkan adalah Perjanjian Lama yang membuktikan siapa dan apa IA sebenarnya. Perjanjian baru,yang ditulis setelah kematian KRISTUS,adalah sejarah hidup-NYA,ditulis oleh orang-orang yang hidup pada zaman-NYA.
Mari kita buka nubuatan-nubuatan Perjanjian Lama mengenai MESIAS,sang pembebas,dan memeriksa apakah kehidupan dan kematian YESUS menggenapinya dengan tepat.
Di pintu gerbangTaman Eden,TUHAN memberi Adam dan Hawa janji pertama tentang seorang Pembebas ketika IA menegur setan,si ular itu. IA berkata,”AKU akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini,antara keturunanmu dan keturunannya;keturunannya akan meremukkan kepalamu dan engkau akan meremukkan tumitnya”(Kejadian 3:15). Dengan kata lain,pada suatu hari seorang anak akan lahir kedunia ini yang akan menghancurkan kuasa setan,tetapi dalam berbuat demikian,Pembebas yang dijanjikan itu dengan sendirinya akan menerima luka yang menyakitkan.
Tidak diragukan bahwa Hawa mengharapkan salah seorang dari putranya adalah anak yang dijanjikan itu. Banyak ibu dari kalangan orang Israel pasti bertanya-tanya apakah anak laki-laki mereka yang baru lahir adalah Anak Perjanjian itu!! Sementara waktu berlalu, ALLAH menambahkan lebih banyak rincian tentang MESIAS yang akan datang itu, sama seperti menambahkan kepingan bagian gambar kepada suatu teka-teki gambar. Marilah kita menaruh beberapa keping gambar bersama-sama dan melihat bukti yang keluar.
Tujuh ratus tahun sebelum kelahiran KRISTUS,ALLAH menubuatkan melalui Yesaya bagaimana sang Pembebas akan dilahirkan: “Sesungguhnya seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki,dan ia menamakan DIA Imanuel”(Yesaya 7:14).
Apakah YESUS mengalami kelahiran ajaib?? Lukas menulis tentang kelahiran YESUS: “ ALLAH menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nasaret,kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf…. Nama perawan itu Maria…. Kata malaikat itu kepadanya,”Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamakan DIA YESUS”(Lukas 1:26-31).
Mari kita lihat apakah kepingan-kepingan lain cocok dengan gambarnya. Barabad-abad sebelum kelahiran KRISTUS,Mikha mengungkapkan tempat dimana MESIAS akan dilahirkan: “Hai Betlehem,… dari padamu akan bangkit bagi-KU seorang yang akan memerintah Israel”(Mikha 5:1).
Tunggu dulu,kata anda!! Bagian ini dalam teka-teki gambar ini tidak cocok. Mikha mengatakan bahwa MESIAS akan lahir di Betlehem,tetapi malaikat Gabriel pergi ke Nasaret,Sembilan puluh dua mil jauhnya untuk menemui Maria. Memang benar,sampai seminggu lagi sebelum kelahiran-NYA tampaknya Nasaretlah yang akan menjadi tempat kelahiran YESUS. Namun Alkitab mengatakan bahwa”Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah,menyuruh mendaftarkan semua orang diseluruh dunia…. Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri,masing-masing di Kotanya sendiri. Demikian juga Yusuf pergi dari kota nasaret di Galilea ke Yudea,ke kota Daud yang bernama Betlehem…. Supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria”(Lukas 2:1-5). 
Lukas melukiskan kejadian-kejadian setelah Yusuf dan Maria tiba di Betlehem:”Ketika mereka tiba di situ tibalah bagi Maria untuk bersalin,dan ia melahirkan seorang anak laki-laki,anaknya yang sulung,lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan”(Lukas 2:6,7).
Berabad-abad lamanya,para nabi dan bapa,imam dan ahli torat, ayah dan ibu telah menunggu-nunggu saat tersebut. Namun ketika IA datang,tak ada terompet yang dibunyikan. Hanya lenguh sapi dan ringkikan keledai yang menyambut kelahiran-NYA. Walaupun waktu dan tempat kelahiran-NYA telah disebutkan oleh para nabi,malaikat-malaikat harus mengumumkannya kepada para gembala di 0adang yang menjaga kawanan ternak mereka. Mereka bernyanyi,”Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat,yaitu KRISTUS,TUHAN dikota Daud”(Lukas 2:11).
YESUS bekerja sebagai tukan kayu di Nazaret sampai Ia berusia tiga puluh tahun. Kemudian tahun 27 T.M.,IA menutup bengkel tukang kayu-NYA dan berangkat menuju Sungai Yordan,di mana beribu-ribu orang pergi untuk mendengar saudara sepupunya,Yohanes Pembaptis. Setelah dibaptis oleh Yohanes di Sungai Yordan,IA memasuki suatu pekerjaan yang akhirnya membawa DIA sampai ke Golgota.
Berabad-abad sebelunya












Tidak ada komentar:

Posting Komentar