dapatkah aku mengatasi rasa kesepian

dapatkah aku mengatasi rasa kesepian
aku bisa

Rabu, 28 September 2011


BAGAIMANAKAH AKU DAPAT MENGATASI RASA KESEPIAN ???

Teriak kesepian terdengar di dalam kota
Kesepian seperti seorang anak
Tangis kesepian dari orang-orang sibuk
Yang merasa sangat terganggu bila berhenti sejenak
“ya ALLAH,aku sangat kesepian!”Betapa sering seruan derita ini keluar dari orang-orang yang digerogoti oleh kesepian yang memakan habis jiwa mereka. Kesepian adalah penyakit jaman ini. Dunia  penuh dengan orang-orang yang kesepian.
Begitu banyak orang kesepian!Pernah Salomo mengamati,”Wai orang yang jatuh,yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya”(pengkhotbah 4 10). Para ahli ilmu jiwa mengatakan bahwa selama kita hidup,paling sedikit ada satu orang yang memeperhatikan kita dan yang kita perhatikan. Banyak ketidakbahagiaan,perasaan tertekan dan ingin bunuh diri merupakan akibat kesepian dan merasa tidak dicintai. Jika masa lalu tiidak berarti,masa kini tidak ada kesenangan,masa depan kelihatan suram dan nampaknya tak ada seorang pun yang mau mempedulikan,buat apa hidup ini??
Ternyata Daud pernah merasakan kesepian yang luar biasa didalam hidupnya karena dia menulis,”Aku sudah menyerupai burung undan di padang gurun,sudah menjadi seperti burung ponggok pada reruntuhan. Aku tak bisa tidur dan sudah menjadi burung terpencil di atas sotoh”(mazmur 102:7,8).
Banyak  orang mengadakan petualangan berbahaya dengan putus asa mencari  jalan agar dapat terlepas dari kesepian. Menggunakan narkotika,suntikan heroin,dan yang lain bergabung dengan gang-gang jalanan. Ada yang beralih pada minuma keras,ada yang pergi ke tempat-tempat hiburan dan permainan. Ada yang beralih kepelacuran,sementara yang lain menyibukkan darinya mencari harta  kekayaan. Meereka semua sedang mengejar gelembung-gelembung getas,yang sebentar saja akan pecah,meninggalkan  kehampaan yang lebih besar,kesepian yang lebih mendalam dari sebelumnya.
Masih perlukah hidup itu?? Adakah arti semuanya itu?? Adakah orang yang benar-benar peduli?? Ya,kehidupan itu lebih dari pada suatu waktu yang tak berarti antara dua zaman kekal. Memang ada orang yang mempedulikan!!
Yakub, terusir dari rumahnya,terancam maut oleh kakaknya yang sedang marah,terpisah dari orang-orang yang dikasihinya untuk pertama kali dalam hidupnya,tidur diatasa tanah dengan sebuah batu sebagsi bantalnya. Dalan situasi yang sangat kesepian itu,ia merasa bahwa  ALLAH pun telah meninggalkanya. Dengan penderitaan yang dalan dan menangis ia mengaku dosa-dosanya  dan  memohon kepada  ALLAH untuk memberinya suatu bukti bahwa IA masih tetap memeliharanya. Dalam pengalaman Yakub yang sedang kesepian tersebut ALLAH mengucapkan kata-kata penghiburan dan jaminan ini:” Sesungguhnya AKU menyertai engkau dan AKU akan melindungi engkau,kemana pun engkau pergi,… AKU tidak akan meninggalkan engkau”(kejadian 28:15).
Tidakkah engkau menyukai hal itu?? Apa yang ALLAH ucapkan kepada Yakub waktu lalu. IA ucapkan juga kepada pria dan wanita sekarang ini. Anda tidak pernah sendirian!! ALLAH berada dengan anda ketika anda memerlukannya. Anda tidak perlu membuat suatu janji untuk bertemu dengan DIA. Anda tidak usah antri karena IA terlalu sibuk mengatur alam semesta ini. IA selamanya ada!!
“Tetapi ,” ada orang yang mengatakan,” IA begitu jauh,bagaimanakah aku mempercayai ALLAH yang tidak dapat aku lihat?? ALLAH yang tidak aku kenal??” Dapatkah seseorang mengetahui bagaimana rupa ALLAH itu?? Kita perlu tahu!!
Ayub berkata,”Berlakulah ramah terhadap DIA,supaya engkau tentram;dengan demikian engkau memperoleh keuntungan”(ayub 22:21). Kita diundang untuk berkenalan dengan ALLAH. Lagi pula,Alkitab mengatakan bahwa apabila kita mengenal DIA,kita memperoleh damai. Anda dapat berhenti mencari kedamaian pikiran dan memperoleh suatu pemecahan atas kesepian itu apabila anda mengenal DIA.
Selama berabad-abad manusia mengagumi rahasia-rahasia antariksa sambil bertanya-tany rahasia apakah yang terpendam di angkasa luar?? Selama zaman kegelapan gereja berusaha mencegah manusia dari memandang ke semesta alam melalui teleskop. Oara pemimpin gereja merasa takut jika manusia menyelidiki antariksa itu dengan mendalam ia mungkin menemukan hal-hal yang mengoncangkan imannya kepada ALLAH.
Namun,ketika manusia menemukan sarana-sarana yang lebih besar dan lebih baik untuk menyelediki antariksa,imanya kepada ALLAH semakin besar karena”Langit menceritakan kemuliaan ALLAH,dan cakrawala memberitakan pekerjaaan tangan-NYA;hari meneruskan berita itu kepada hari,dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam. Tidak ada berita dan tidak ada kata,suara mereka tidak terdengar;tetapi gema mereka terpancar keseluruh dunia”(mazmur 19:2-4).
Tidak ada rintangan bahasa terhadap berita yang dipancarkan melintasi langit yang menceritakan tentang ALLAH. “Tiadak ada berita dan tidak ada kata,suara mereka tidak tidak terdengar;tetapi gema mereka terpencar keseluruh dunia “(Mazmur 19:4,5a).
Sebelum teleskop di temukan, manusia menghitung bintang yang dapat mereka lihat dan teliti dan menyimpulkan bahwa hanya 5.119 bintang. Itu saja. Tidak lebih!! Tetapi sudah berabad-abad Alkitab mengatakan ,”Seperti tentara dilangit tidak terbilang”(Yeremia 33:22). Sekarang, apabila kita mengarahkan teleskop raksasa kita ke antariksa,kita mendapati bahwa banyak titik-titik cahaya yang kecil sekali berkelap kelip di langit bukan hanya bintang,tetapi merupakan bimasakti-bimasakti yang terdiri dari atas berjuta-juta matahari yang bersinar seperti matahari kita. Dan di sekeliling matahari-matahari yang tak terhitung jumlahnya ini terdapat planet-planet yang juga tidak terhitung banyaknya,yang bergerak bersama-sama mengelilingi ruang angkasa.
Apabila anda memandang ke Milky Way,anda sedang memandang ke tepi Bima Sakti kita sendiri satu sistem bintang-bintang yang bentuknya seperti sebuah cakram. Ahli perbintangan Fritz Conn mengatakan,” Tempat kita di semesta alam adalah sebuah spiral yang terdiri atas 200 milyar bintang,suatu unit matahari ynag bergerak mengelilingi angkasa raya seperti sebuah roda pasak yang menyala-nyala”. Setiap 24 jam bima sakti kita menempuh perjalanan satu setengah juta mil melintasi angkasa raya dengan kecepatan lebih dari pada 66.000 mil perjam. Merasa sedikit lelah?? Setiap orang yang telah menempuh perjalanan sejauh itu dalam sehari berhak merasa lelah!! Di seberang sistem Milky Way kita terbentang di atas,di bawah dan di sekeliling kita,terdapat berjuta-juta bima sakti(galaksi) yang lain. Jika kita membagi langit menjadi jendela-jendela sebesar bulan,maka teleskop kita dapat menemukan 1.000 bimasakti dalam setiap kaca jendela. Gambar-gambar foto menujukan lebih dari pada 10.000 bima sakti seperti itu di atas satu plat!! “Teropong raksasa Hale berukuran 200 inci di Gunung Palomar…dapat melihat sebanyak berjuta-juta bima sakti hanya di dalam ‘Big Dipper’ saja”(National Geographic,May 1974,halaman 592). Jikalau semesta alam in dibagi rata,maka kita akan sampai pada angka 100 milyar bima sakti—masing-masing terdiri atas 200 sampai 500 milyar bintang dan setiap bintang satu juta kali lebih besar dari bumi kita.
Tidak masuk di akal?? Tampaknya demikian!! Namun ALLAH menggunakan dua ilustrasi yang menolong kita agar mengerti sedikit lebih baik mangenai kehebatan semua hal itu. ALLAH membawa Abraham keluar dari rumah dan menyuruhnya menghitung bintang-bintang.”Coba lihat ke langit,hitunglah bintang-bintang--jika engkau dapat menghitungnya,”kata ALLAH. Kemudian IA menambahkan,”Demikianlah banyaknya nati keturunanmu”(kejadian 15:5).
Kemudian ALLAH membawa Abraham ke tepi laut di Laut Mati pada saat yang lain dan berkata kepadanya,”AKU akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut”(kejadian 22:17).
Seorang ahli perbintangan baru-baru ini mengatakan bahwa jikalau anda dapat menghitung semua biji pasir di semua tepi pantai di dunia,maka anda akan tahu jumlah biji pasir itu sudah mendekati jumlah bintang-bintang di langit. Bila nanti anda berada di tepi pantai bolehlah anda coba menghitung berapa jumlah biji pasir yang berada dalam satu ember penuh. Lebih baik sediakan lebih banyak waktu!! Bukankah menakjubkan sehingga Daud berkata,”Jika aku melihat langit-MU,buatan jari-MU,bulan dan bintang-bintang yang KAU tempatkan: apakah manusia, sehingga ENGKAU mengingatnya??”(mazmur 8:4,5a).
Pernakah anda bertanya-tanya apakah ALLAH yang berkuasa, yang memerintah dan menopang semesta alam yang begitu luas ini benar-benar prihatin terhadap manusia dan masalah-masalahnya di bumi ini?? YESUS mengatakan bahwa tak seekor burung pipitpun jatuh ke tanah yang tidak diperhatikan ALLAH. Sebab itu janganlah kamu takut,”kata-NYA,”karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit”(matius 10:31). Ketika hendak menekankan kasih dan pemeliharaan ALLAH,YESUS berkata,”Dan kamu,rambut kepalamupun terhitung semuanya”(matius 10:30).
Alangkah besarnya ALLAH itu!!
Terkesan karena matahari dan bima sakti yang mungkin tak terhitung jumlahnya itu,maka ukuran semesta alam di mana kita hidup bahkan lebih dashyat. Manusia sudah menempuh perjalanan hamper 250.000 mil menjelajah angkasa luar dengan Apollo II. Neil Amstrong dan Edwin Aldrin berjalan-jalan di bulan,tetapi itu sesungguhnya bukanlah suatu perjalanan yanh jauh. Bulan adalah tetangga kita yang terdekat. Bintang terdekat ke bumi,yaitu matahari, adalah lebih dari pada sejuta kali besarnya Bumi kit a dan jauhnya 93 juta mil dari bumi kita. Namun kita masih berada dengan tetangga kita.
Di samping matahari,bintang terdekat dengan Bumi adalah Proxima Centuari--lebih dari pada empat tahun cahaya jauhnya,atau kira-kira 24 triliun mil dari Bumi. Jikalau kita menumpang sebuah pesawat roket dengan kecepatan 25.000 mil per jam,maka akan memerlukan 120.000 tahun barulah tiba di bintang itu!! Sudahkah anda mulai mengerti luasnya angkasa raya yang tak dapat diukur itu??
Teleskop di Gunung Palomar dapat membawa cahaya yang memulai perjalananya melintasi angkasa raya lebih dari pada 2 milyar tahun yang silam!! Teleskop radio sanggup membawa gelombang yang memulai perjalananya ke Bumi 20 milyar tahun yang silam!! Hal ini bukan menyatakan bahwa Bumi kita sudah ada 20 milyar tahun yang lalu,tetapi bahwa cahaya itu mulai menempuh perjalananya 20 milyar tahun lalu dan sekarang baru tiba pada kita!! Tidak heran nabi dahulu kala berkata,”Lihatlah bintang-bintang yang tertinggi,betapa tingginya!!”(ayub 22:12b).
Sulit bagi pikiran manusia untuk mengerti dunia-dunia yang tak terhitung jumlahnya,angkasa raya tak terukur dan rancangan rumit semesta ala mini. Namun semesta alam yang luar biasa rumitnya ini berjalan dengan lancer seperti sebuah jam bagus yang disetel dengan baik. Pikirkan saja!! Bermilyar-milyar bima sakti,masing-masing menempuh perjalanan dengan kecepatan ajaib kearah yang sudah ditentukan melintasi langit,kadang berpapasan satu dengan yang lainnya,sama seperti pemain ski air dalam tarian ballet. Namun pengaturan waktunya begitu tepat sehingga para ahli perbintangan dapat meramal lokasi benda-benda langit ini beribi-ribu tahun ke masa yang akan dating. Betapa memerlukan kecerdasan ynag luar biasa!!
Yesaya mengungkap kuasa di belakang Tangan yang menentukan perputaran yang hebat itu,yang membuat jam antariksa bergerak terus: “Dengan siapa hendak kamu samakan AKU,seakan-akan AKU seperti dia?? Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah: siapa yang menciptakan semua bintang itu dan menyuruh segenap tentara mereka keluar,sambil memanggil nama mereka sekaliannya?? Satupun tiada yang tak hadir,oleh sebab IA Mahakuasa dan Mahakuat!!”(yesaya 40:25,26).
Dr.Edwin B.Frost,yang telah bertahun-tahun menjadi direktur Penelitian Yerkes,menulis:”tidak ada bukti bahwa semesta alam itu otomatis,atau bahwa alam semesta alam itu berkuasa mengatur diri sendiri. Materi saja tidak mempunyai kemampuan seperti itu. Semesta alam bukanlah suatu kumpulan benda-benda yang jadi dengan kebetulan dan bergerak tanpa sistem atau susunan. Itu adalah pekerjaan Yang Mahakuasa.”--Philip L.Knox,Wonder World,halaman 13.
Paulus mengetahui hal ini ketika ia berkata,”Di dalam DIA,dan melalui DIA alam semesta ini menjadi satu yang lengkap dan harmonis”(kolose 1:17),(terjemahan Weymouth).
Apakah kita mempelajari atom-atom yang kecil sekali atau bimasakti-bimasakti raksasa. Kita menemukan rancangan dan susunan luar biasa seorang Ahli Pikir--dan Ahli Perancang. Semua ciptaan merupakan sakti bagi pencipta!! Kalimat pertama dalam Alkitab dengan jelas menyebutkan pencipta  tersebut:”Pada mulanya ALLAH menciptakan langit dan bumi”(kejadian 1:1).
Pemenang hadiah Nobel,ahli fisika,Dr.Arthur Compton menulis,”Bagiku sendiri,iman mulai dengan suatu kesadaran bahwa suatu nikmat yang melebihi segala sesuatu membuat semesta alam menjadi ada dan membuat manusia jadi tercipta. Tidaklah sulit bagiku memiliki iman ini karena memang tidak dapat disangkal bahwa dimana ada suatu rencana,maka disana pasti ada nikmat. Semesta alam yang berjalan secara teratur menyaksikan kebenaran pernyataan yang paling agung,”Pada mulanya ALLAH.”--Chicago Daily News,dikutip dalam New Life Guide,nomor 2.
“Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan.” “sebab DIA berfirman,maka semuanya jadi; Dia member perintah maka semuanya ada”(mazmur 33:6,9). ALLAH menggunakan kuasa-NYA yang tak terbatas itu dan membentuknya menjadi sesuatu. Yeremia menceritakan bagaimana IA melakukanya:”TUHANlah yang menjadikan bumi dengan kekuatan-NYA,yang menegakkan dunia dengan kebijaksanaan-NYA dan yang membentangkan langit dengan akal budi-NYA”(yeremia 10:12).
ALLAH memberi kita banyak bukti tentang keberadaan-NYA. “Kekuatan-NYA yang kekal dan keilahian-NYA,dapat Nampak kepada pikiran dari Karya-NYA sejak dunia diciptakan”(roma 1:20).
Ketika Robinson Crusoe menemukan jejak kaki yang baru diatas pasir yang basah,ia tahu bahwa ada orang lain lagi di pulau itu,walaupun ia tidak melihat orangya. “Jikalau satu jejak atau bekas tapak kaki telanjang di pasir merupakan bukti mutlak akan adanya kehadiran seorang manusia,bagaimanakah pikiran kita apabila melihat jejak atau bekas jejak sepatu TUHAN,sebagaimana Jhon Bunyan menyebutnya,yang meliputi seluruh dunia?”Does GOD Exist?? Halaman 5.
Walaupun telah merosot oleh kutuk dosa dan karena pencemaran manusia yang kurang hati-hati,dunia masih tetap menunjukan keindahan”jejak kaki ALLAH”yang mempesona. Kita melihat sekilas akan keagungan jari-jari tangan Pencipta kita pada saat dan tempat yang paling tak kita duga: pada saat mentari menuju peraduan dengan cahayanya yang gemilang. Semua tampak indah bagaikan mahkota waktu malam menjelang.
Pada butiran salju yang bentuk dan ukuranya bercorak ragam.
Pada keharuman bumga dengan aneka warna yang menghiasi pemandangan alam.
Pada hutan-hutan dan pohon Yosua yang semarak,
Pada pohon appel dan pohon pinus yang semerbak.
Pada musim dingin yang membuat gunung tampak bersalju di puncak,
Pada saat benih kecil dan kuntum yang mekar pun Nampak.
Di segenap penjuru bumi,kehadiran”jejak sepatu” ALLAH Pencipta jelas tak mungkin ditolak.
Kita hanya dapat mengikuti pujian Daud.”Besar perbuatan-perbuatan TUHAN.”Agung dan bersemarak pekerjaan-NYA”(mazmur 111:2,3).
ALLAH bukan hanya menjadikan manusia dan memberinya alam yang indah untuk didiami,tetapi IA juga ingat akan keperluan manusia:”Mata sekalian orang menantikan ENGKAU dan ENGKAUpun memberi mereka makanan pada waktunya. ENGKAU yang membuka tangan-MU dan yang berkenan mengenyangkan segala yang hidup”(mazmur 145:15,16). “Yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar”(matius 5:45).
Mari kita lihat sebentar beberapa cara ALLAH memperhatikan keperluan  makhluk ciptaan-NYA. Air yang anda minum adalah lebih tua dari pada piramida-piramida,sama tuanya dengan gunung-gunung. Air bisa dikotori oleh bahan-bahan kimia dan sampah,tetapi matahari akan menguapkan atau mengangkatnya ke atmosfir,maka air itu datang kembali melalui hujan,embun atau salju. Betapa luar biasanya sistem siklus air yang telah dirancang oleh ALLAH itu!!
Kemudian ada juga kuasa besar ALLAH di cakrawala. Jikalau matahari sedikit lebih besar atau sedikit lebih dekat ke bumi,maka lautan kita akan mendidih. Jikalau matahari sedikit lebih kecil atau sedikit lebih jauh,maka atmosfir kita akan menjadi beku. Dengan demikian tidak ada kehidupan di Bumi. Tetapi ALLAH bukan hanya menciptakan saja,melainkan IApun memelihara semua ciptaan itu.
“Di dalam tangan-NYA teletak nyawa segala yang hidup dan nafas setiap manusia”(ayub 12:10).
Udara yang kita hirup adalah suatu pemberian ALLAH,suatu bukti pemeliharaan dan kasih-NYA. ALLAH merancang semesta alam,dan IA saja yang mengetahui rumus yang benar untuk udaera yang kita hirup agar dapat menunjang kehidupan dan kesehatan di Bumi. IA mengetahui dengan tepat akan akan jumlah nitrogen,oksigen,argon dan karbon dioksida untuk berpadu ke dalam atmosfir.
Dan manakalah ALLAH menyediakan keperluan kita di atmosfir,IA melakukanya dengan keindahan yang sempurna!! IA mewarnai langit yang biru dengan molekul-molekul oksigen di udara yang menyabarkan gelombang-gelombang cahaya yang terpendek yang dapat dilihat.IA menjadikan pelangi,yaitu formasi awan yang indah,begitu juga pergantian matahari terbit dan matahari terbenam--semuanya melalui atmosfir. Secara keseluruhan dunia kita disesuaikan dengan mengagumkan untuk didiami manusia.dengan pemandangan-pemandangan yang menyenangkan perasaan kita.
ALLAH tidak menciptakan dunia yang indah dan semesta alam yang luar biasa ini dengan sia-sia. IA menciptakan bagi makhluk-makhluk yang dapat menghargai dan menikmatinya. Itulah maksud Alkitab ketika mengatakan,”IA menciptakannya bukan supaya kosong,tetapi IA membentuknya untuk didiami”(yesaya 45:18).
Tidak ada akhir keajaiban dunia kita secara alamiah,tidak ada akhir pemeliharaan ALLAH bagi makhluk ciptaan-NYA. Coba pikirkan tentang perpindahan burung-burung,yang merupakan salah satu teka-teki alam terbesar. Bagaimana burung yang beratnya kurang dari pada satu ons dapat terbang beribu-ribu kilometer tanpa berhenti ke suatu tempat tujuan yang belum pernah mereka lihat??Bagaimanakah sampai ikan dapat menemukan sungai-sungai dimana kehidupan mereka dimulai,melintasi lautan yang 1.800 kilometer jauhnya??Bagaimanakah mereka belajar,kapan,dan keaman akan pergi??Siapakah yang mengajar lebah membuat sarangnya yang merupakan suatu rekayasa yang mengagumkan--dengan otak yang tidak lebih besar dari pada sebuah ujung peniti!!Siapakah otak yang mengendalikan di belakang ini semua??
Ayub mengatakan:”tetapi bertanyalah kepada binatang,maka engkau akan diberinya pelajaran,kepada burung di udara,maka engkau akan diberinya keterangan. Atau bertuturlah kepada bumi,maka engkau akan diberinya pengajaran,bahkan ikan dilaut akan bercerita kepadamu. Siapa di antara semuanya itu yang tidak tahu,bahwa tangan ALLAH yang melakukan itu?”(ayub 12:7-9).
Ya,ALLAH yang menjadikan itu semuanya!! Pada hakikatnya,kewajiban dan kesempatan menyembah ALLAH didasarkan atas kenyataan bahwa IA adalah KHALIK kita,dan kepada-NYA segala sesuatu berutang atas keberadaannya.”Ketahuilah,bahwa TUHANlah ALLAH;DIAlah yang menjadikan kita,umat-NYA dan kawanan domba gembalaan-NYa”(mazmur 100:3).
Bilamana kita memandang semua keajaiban di alam,sekali lagi kita melihat bukti bahwa ALLAH semesta alam memang memelihara kita dan mau menolong kita. IA mengetahui semua keperluan kita,dan IA memiliki kuasa untuk menyediakan keperluan-keperluan tersebut. “Ah,TUHAN ALLAH,sesungguhnya ENGKAUlah yang telah menjadikan langit dan bumi dengan kekuatan-MU yang besar dan dengan lengan-MU yang terentang. Tiada suatu apapun yang mustahil untuk-MU”(yeremia 32:17).
Tidakkah ini memberi anda pikiran yang tenang karena mengetahui bahwa ALLAHlah yang mengendalikan segala sesuatu yang berada disemesta alam ini,juga yang ada dalam hidup anda pribadi?? Tidak ada persoalan yang begitu kecil untuk dibawakan kepada ALLAHnya atom,ataupun terlampau besar untuk dibawakan kepada ALLAHnya bimasakti-bimasakti. ALLAH mengetahui segala sesuatu,dan bahkan IA mengetahui hal itu semuanya sebelum waktunya. IA berkata,”AKUlah ALLAH dan tidak ada yang seperti AKU,yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana”(yesaya 46:9,10).
Alangkah indahnya  kedamaian dan keyakinan yang dapat kita miliki--karena mengetahui bahwa tidak ada yang terjadi kepada kita yang terlampau sukar di perhatikan ALLAH. Oleh sebab IA Maha arif dan selalu dapat di andalkan,IA akan melakukan apa yang terbaik bagi kita.
Tetapi di atas semuanya itu,”ALLAH kasih adanya”(1 yohanes 4:8). YESUS sendiri berkata.”BAPA sendiri mengasihi kamu”(yohanes 16:27).
Adakah mengejutkan anda bahwa ALLAh yang berkuasa yang menciptakan dan memelihara semesta alam yang begitu luas dan lengkap ini dapat memikirkan anda?? Adalah mengejutkan untuk merenungkan kuasa ALLAH yang tak terbatas itu. Sama sulitnya mengerti hikmat-NYA yang tak terduga itu dan kemampuan-NYA yang dapat sekaligus hadir dimana-mana. Tetapi kasih merupakan sesuatu yang dapat kita mengerti. Dan tidak ada sesuatupun di seluruh dunia yang dapat memisahkan kita dari kasih ALLAH.”Sebab aku yakin ,bahwa baik maut,maupun hidup,baik malaikat-malaikat,maupun pemerintah-pemerintah,baik yang ada sekarang,maupun yang akan datang,atau kuasa-kuasa,baik yang ada di atas,maupun yang di bawah,atapun sesuatu makhluk lain,tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih ALLAH,yang ada dalam KRISTUS YESUS,TUHAN kita”(roma 8:38,39).
ALLAH mengasihi kita ketika kita dapat dikasihi--dan ketika ketika kita tidak dapat dikasihi. IA mengasihi kita apakah kita hitam atau putih,pria atau wanita.cantik atau jelek. Tidak ada orang lain lagi yang seperti DIA!! Tetapi yang terpenting,IA mengasihi kita selama-lamanya!!”Ya,AKU mengasihi engkau dengan kasih yang kekal”(yeremia 31:3). Daud menulis,” TUHAN itu baik,kasih setia-NYA untuk selama-lamanya”(mazmur 100:5).
Jika sekiranya masih ada keragu-raguan dalam pikiran kita mengenai kasih-NYA,ALLAH menerangkannya dengan istilah yang sedemikian sederhananya sehingga kita mudah mengerti:”Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya,sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandunganya??’(yesaya 49:15). Tampaknya hal itu aneh,namun pernah terjadi. Tetapi ALLAH mengatakan,”Sekalipun dia melupakannya,AKU tidak akan melupakan engkau. Lihat AKU telah melukiskan engkau di telapak tangan-KU”(yesaya 49:15,16).
ALLAh berusaha menunjukan kasih-NYA kepada manusia,tetapi perkataan dan pekabaran yang disampaikan para nabi dan malaikat tidaklah cukup. Kita tidak menerima pekabaran itu. Jadi ALLAH mengutus ANAK-NYA. YESUS merupakan penyataan sempurna akan kepribadiaan dan tabiat ALLAH. IA berkata,”Barangsiapa telah melihat AKU,ia telah melihat BAPA”(yohanes 14:9).
Jika kita sesungguhnya ingin mengetahui ALLAH itu,maka kita harus mempelajari kehidupan YESUS. IA mengambil kemanusiaan kita supaya IA dapat mengetahui keperluan kita. IA memberitakan kabar baik keselamatan kepada orang miskin. IA menyembuhkan orang yang hancur hatinya dan memberi penglihatan kepada orang buta. IA memberi makan orang yang lapar dan makan dengan orang-orang di rumah mereka. IA mengampuni dosa mereka dan memberi mereka pengharapan masa depan. Wajah-NYA adalah wajah yang banyak dapat mereka lihat--suara-NYA adalah suara pertama yang dapat mereka dengar. IA membagikan kehidupan dan kesukaan di kampung-kampung dan kota-kota yang IA lalui.
Kehidupan-NYA merupakan suatu penyangkalan diri dan sangat memperhatikan orang lain. Bilamana kita melihat DIA mencuci kaki orang yang menghianati-NYA;bilamana kita melihat kehinaan-NYA,fitnah dan penderitaan yang ditanggung-NYA,kematian di Golgota dan hati-NYA yang hancur,kita mulai sedikit mengerti akan kasih ALLAH bagi anak-anak-NYA.
“Karena begitu besar kasih ALLAH akan dunia ini,sehingga IA telah mengaruniakan ANAK-NYA yang tunggal”(yohanes 3:16).
ALLAH mengaruniakan ANAK-NYA kepada umat manusia yang berdosa--kepada planet yang memberontak. Apakah lagi yang dapat dilakukan-NYA untuk menunjukkan kasih-NYA yang lembut itu?? KRISTUS mati mengganti tempat anda dan saya. IA menderita cambukan yang kejam,duri-duri tertusuk ke dalam dahi-NYA,paku-paku yang ditembuskan ke tangan dan kaki-NYA,tanpa protes. IA dapat saja memanggil sepuluh ribu malaikat untuk membebaskan-NYA,tetapi IA tidak melepaskan diri-NYA sendiri sementara menyelamatkan orang lain juga. Ini merupakan karunia mutlak dari ALLAH yang memelihara dan mengasihi manusia yang bersalah--bagi anda dan bagi saya. Ketika tubuh-NYA yang penuh bilur dan darah tergantung di salib,IA berdoa,”Ya BAPA,ampunilah mereka,sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat”(Lukas 23:34).
Demikian sifat ALLAH itu!!
Saudaraku,penderitaan ALLAH itu tidak mulai atau berakhir di Golgota. Setiap kali manusia memutuskan untuk menempuh jalannya sendiri,ALLAH menderita. IA merasakan perpisahan,sakitnya kesepian itu,lebih dalam dari pada yang kita rasakan,oleh sebab IA mengasihi kita lebih dalam. ALLAH rindu untuk memulihkan para penduduk Bumi,anak-anak-NYA,kembali kepada keluarga-NYA.sekarang ini IA memohon,”Berpalinglah kepadaKU dan biarkan dirimu diselamatkan,hai ujung-ujung bumi!! Sebab AKUlah ALLAH dan tidak ada yang lain”(yesaya 45:22).
IA adalah satu-satunya ALLAH!! ALLAH yang menghiasi lembah-lembah dengan bunga bakung dan memperhatikan burung pipit yang jatuh. ALLAH yang mengaku sebagai pemilik hewan-hewan yang ada di ribuan bukit dan yang menghitung jumlah rambut di kepala kita. ALLAH yang memperhatikan setiap air mata yang berderai.
 Dan sementara IA mengendalikan semesta alam
Dengan mujizat ilahi-NYA
Dan memanggil berjuta-juta bintang dengan namanya,
IA tidak melupakan namaku.
(pengarang: tidak di kenal)
Alangkah hebatnya ALLAH itu!! ”IA layak memerintah semesta alam yang hebat ini,namun cukup rela tinggal dalam hatiku.”
Dengan nikmat yang besar,kuasa yang besar,kasih yang besar yang sedemikian rupa,ALLAH yang memelihara dan mengendalikan semesta alam,namun menghitung jumlah rambut di kepala kita,maka kita tidak perlu merasa bahwa kita sendirian atau takut akan kehidupan kita di masa yang akan datang. Dengan pasti IA sanggup melindungi kita.


Keterangan:Bacaan atau cerita ini merupakan cerita dari buku”MENYINGKAP TABIR”oleh MARJORIE dan DON GRAY. Ayo temukan cerita selengkapnya………………………….jawaban atas pertanyaan yang paling sering ditanyakan dewasa ini. Cu and JESUS CHRIST always love u…..believe HIM coz with GOD all things no a possible……..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar